Dilihat : 234 kali

Pengecekan dan reparasi upright chiller undercounter

SERVICE PERBAIKAN UPRIGHT FREEZER CHILLER

Dengan rasa hormat serta kami berterima kasih kepada Perusahaan Kaihomaru Japanese Restaurant yang telah mempercayakan kepada kami untuk melakukan pengecekkan unit yang mana unit tersebut sebagai salah satu kebutuhan pokok di perusahaan Kaihomaru Japanese Restaurant. 
 
Adapun hasil survey yang telah kami list ada beberapa unit untuk under counter dan upright dengan aplikasi chiller yang mempunyai temperature kurang optimal dan untuk unit pendingin lainnya hanya perlu perawatan rutin demi menjaga keoptimalan unit, sehingga product dalam unit tersebut terjaga dengan baik. 
 
Langkah-langkah yang harus kami lakukan supaya tetap optimal, perawatannya antara lain: 
 
A. Refrigeration / Sistem Pendinginan
1. Membersihkan block ice pada evaporator Karena pemblokan es ini bisa mengakibatkan temperature tidak optimal.

2. Membersihkan condenser Langkah ini guna memberikan ruangan fin pada kisi-kisi supaya tetap bersih dari kotoran debu dan lainnya dengan maksud sistem penukar kalor yang bertekanan tinggi berfungsi tetap optimal.

3. Pemeriksaan insulation piping pada unit Insulation atau pembungkus pipa ini juga membantu untuk di sistem pendingin, dengan maksud mengurangi terjadinya tabrakan antar temperature luar atau ambient dengan temperature unit

4. Pengecekan ampere compressor secara berkala Dengan maksud untuk mengetahui performa compressor yang diakurasikan dengan name plate rotation lock ampere.

5. Pengecekan tekanan pada pipa suctin Langkah ini adalah untuk mengetahui kapasitas refrigerant yang diterima oleh condensing unit.

6. Pengecekan body Seperti dari penjelasan di atas mengenai insulation apabila ada body yang bocor atau keropos bisa mengakibatkan ke-tidak stabilannya temperature.

7. Box panel (wiringdiagram) Pemeriksaan kabel di tiap lane untuk mengetahui kekuatan kabel, baik dari jenis kabel, sering juga kabel tersebut digigit binatang.

8. Pengecekan temperature Secara visual dalam indicator sudah mencakup untuk mengontrol ketahanan performa sistem pending namun langkah ini harus segera bertindak jika ada perubahan temperature guna menyelamatkan ketahanan compressor. 
 
B. Cooking Equipment 1. Pemeriksaan alat masak Alat masak adalah media yang paling utama untuk menyajikan hidangan sesuai kebutuhan, pengecekan ini lebih sering di lakukan pada burner tube dan spuyer karena frekuensi produksi semakin tinggi maka semakin banyak pula scrub yang ada pada burner dan spuyer. Media masak ini terdiri dari : a. Deep Fryer – pemeriksaan thermostat b. Oven Electric – pemeriksaan kabel heater c. Oven Gas – pemeriksaan burner dan regulator d. Rice Cooker – pemeriksaan thermostat dan kabel heater e. Sink Portable – pengecekan dan perbaikan drain f. Gas Burner – pembersihan spuyer dan burner , pembersihan frame dan body 2. Pengontrolan area masak Mengecek drain pada bak control, serta menjaga kebersihan bagian yang jarang terjangkau, dengan maksud seluruh kegiatan produksi apapun selalu dalam keadaan nyaman dan bersih. 
 
C. ME (Mechanical Electrical) Sistem instalasi ini paling utama untuk di sipil, terkadang kita lupa untuk merawatnya seperti : a. Control panel distribusi PLN – pengecekan dan perbaikan jika ada yang rusak b. Switch on/off lampu c. Switch connector load d. Lampu e. Control panel untuk kebutuhan produksi.

Perawatan yang di atas tersebut perlu diperhatikan, terkadang hewan suka menggigit kabel lane yang dapat mengakibatkan short voltage, “Hindari Kebakaran”. 
 
D. Ducting Dalam area produksi dengan frekuensi  tinggi maka motor fan blower sering mengalami stock akibat kotoran yang terhisap, maka langkah perawatan ini sangat diperlukan. 
 
E. Piping Sipil Piping sipil dalam bangunan terdiri dari : a. Drainase – pengecekan dan perbaikan b. Kran air supply – perbaikan dan pengecekan Langkah ini sama seperti ME, terkadang sering ada hewan yang merusak sistem saluran sehingga terjadi kerusakan. 
 
Demikian hasil tinjauan kami di lapangan yang disesuaikan dengan kebutuhan, demi mengoptimalkan kembali kinerja produksi yang berada di ruang produksi. Site survey ini memberikan laporan yang actual guna sebagai bahan pertimbangan agar segala alat atau media bisa dilakukan dengan baik. Karena di dalam dunia teknik yang harus di perhatikan ada 3 hal yaitu : 
 
1. Design 2. Instalasi 3. Maintenance 
 
Jika ketiganya sudah dijalankan maka kecil kemungkinan kendala-kendala yang ditemukan di area produksi.