Dilihat : 245 kali

SERVICE KONTRAK COLD ROOM AKASYA CATERING

SERVICE KONTRAK COLD ROOM
Kami akan perkenalan terlebih dahulu sebelum menguraikan hasil survey,kami dari perusahan Bangkit Jaya Teknik yang mungkin terdengar  belum familiar dikalangan dunia pendingin karena perusahaan kami bergerak hampir yang berhubungan dengan teknik, seperti : hydraulic, pneumatic, ME, sipil, bahkan kitchen equipment. Namun kami sebelum mendirikan perusahanan ini kami adalah team untuk memajukan dibeberapa perusahaan yang cukup ternama di dunia pendingin yang ada di indonesia. Fungsi kami adalah mensuport sales dan teknisi ketika ada kesulitan dilapangan mengenai teknik. “ Tekhnikal support “ beberapa perusahaan yang kami bantu seperti  : PT. Wahana Coldstorage Indonesia  ( Design dan tekhnikal support  untuk coldstorage, memecahkan masalah untuk unit kecil seperti  brands LIEBHER dan STARCOOL ketika unit tesebut rusak atau tidak optimal ). Seiring waktu maka kami  pindah ke perusahaan GEA  dengan posisi yang sama pula. Kemudian kami mendirikan perusahaan Bangkit jaya teknik ini untuk memback up semua perusahaan  baik itu dibidang makanan ataupun industri serta kontraktor yang mengalami kesulitan dilapangan. Sampai saat ini kami masih ada hubungan baik dengan perusahaan yang mana saya sebutkan diatas dan beberapa kontraktor yang bergerak dibidang sipil dan ME. 
Dengan rasa hormat serta kami berterimakasih kepada Perusahaan Akasya catering  yang telah memepercayakan untuk melakukan pengecekan unit yang mana unit tersebut sebagai salah satu kebutuhan pokok di perusahaan Akasya catering. 
Adapun hasil survey yang telah kami temukan dilapangan untuk unit coldroom dengan Aplikasi chiller dan freezer. Ternyata kurang optimal baik itu dari system refrigrasi maupun dari instalasi yang mungkin karena faktor usia dan kurangnya maintenance pada unit tersebut. 
Langkah – langkah yang harus kami lakukan untuk membuat unit optimal kembali : 
1. Membersihkan block ice pada evaporator aplikasi unit  chiller dan freezer sebelum dilakukan perbaikan system. Membersihkan area unit ini dengan maksud lebih mudah untuk mendeteksi system karena membantu turbulensi secara merata pada setiap ruangan serta kinerja daya hisap “mengurangi overload pada rpm motor fan”. 

2. Membersihkan condensor aplikasi unit chiller dan freezer

Proses ini sangat penting untuk di system pendingin karena jika ada kotoran atau ada barang yang berada diarea condensing unit bisa mempengaruhi pada sytem. Salah satunya jika condensor kotor maka pressure akan drop dan temperature naik begitu juga jika ada jemuran atau barang lainnya yg terlalu dekat dengan condensing unit 
3. Insulation piping Pada aplikasi unit freezer 

Insulation atau pembungkus pipa ini juga membantu untuk di system pendingin, dengan maksud mengurangi terjadinya tabrakan antara temperature luar atau ambient dengan temperature unit, range temperature compressor tidaka akan optimal.  
 4. Ganti sight glass pada aplikasi unit chiller 

Sight glass berfungsi untuk mengontrol kondisi refrigerant, jika sight glass tersebut sudah dalam keadaan sulit diliat maka akan kesulitan juga cara mengoptimalkan system refrigrasinya. 

5. Check valve pada aplikasi unit freezer 

Check valve ini tidak berfungsi dikarnakan sudah los, sedangkan asupan refrigerant tidak maksimal, fungsinya hanya sebagai buka tutup tapi jika sudah ada yg los maka akan ada Oring yag menyumbat sehingga sytem refrigration juga terpengaruh ke optimalannya. 
6. Oli compressor untuk aplikasi unit freezer 

Indikator pada oil kontrol dibawah oil minimum, perlu ada penambahan demi keoptimalan system refrigration

7. Ganti fan evaporator untuk aplikasi unit chiller atau anteeroom 

Kondisi blade pada cover fan sudah tidak balance dikarenakan ausnya bearing fan sehingga mengakibatangkah gesekan dan rpm motor menjadi kurang optimal. Penyebabnya telat dalam melakukan  mantenance pada unit sehingga terjadi pengeblokan yang mengakibatkan beberapa part menjadi kurang optimal. 

Untuk menjaga temperature ruangan tetap optimal 

Permukaan lantai sudah tidak rata bahkan plat bordes terangkat,selain demi kenyamanan operasional, fungsi lantai ini sebagai ketahanan temperature ruangan supaya tidak terjadi kondensasi yang bisa mengakibatkan pengeblokan ice pada evaporator. 

9. Pemasangan heater pintu baru” tambahan” 

Memudahkan pada saat buka pintu, karena jika ditemperature rendah dalam keadaan tertutup maka akan terjadi kevacuuman ruangan sehingga buka pintu terasa berat. Jika sudah dipasang heaater pintu Sedikit mengurangi kerusakan pada body panel yang secara paksa buka  pintu. 
10. Box panel ( wiring diagram ) 

Box panel ini akan kami design ulang demi memudahkan pembacaan untuk teknisi pada saat pengecekan rutin. 

11. Pengaturan atau setting thermostate. 

Setting thermostat akan dikalibrasi  sesuai dengan aplikasi unit. 
 
Demikian hasil tinjauan kami dilapangan yang disesuaikan dengan kebutuhan, demi mengoptimalkan kembali temperature dengan aplikasi – aplikasi unit pada coldroom tersebut. Site survey ini memberikan laporan yang actual guna sebagai bahan pertimbangan agar kondisi unit selalu diperhatikan. Karena didalam dunia teknik yang harus diperhatikan ada 3 hal yaitu :  
1. Design 2. Instalasi 3. Maintenance 
Jika ketiganya sudah dijalankan maka kecil kemungkinan unit tersebut mengalami kerusakan atau trouble – trouble lainnya.