Bangkit Jaya Teknik berdiri sejak Tahun 2017, dengan misi utama untuk memenuhi dan melayani kebutuhan Mesin Pendingin, Mekanikal Elektrikal,  serta Kitchen Equipment bahkan pada bidang teknik mesin juga. Di tahun 2019 kami merubah perusahaan dengan badan Hukum Perseroan Terbatas, dengan nama PT. Bangkit Jaya Teknik Indonesia. 

 Awalnya Bangkit Jaya Teknik ini hanya melayani sebagai jasa service kontrak, perbaikan dan instalasi saja. Seiring waktu dengan hasil kepuasan customer akan pelayanan kami, maka kami mengembangkan / exspansi dan merambah ke bidang sejenisnya, seperti karoseri, fabrikasi dumb truck.

PT. Bangkit Jaya Teknik Indonesia  sebagai kontraktor dan supplier yang mementingkan  faktor profesionalisme engineer maupun teknisnya. Sehingga di setiap proyek pekerjaan mampu diselesaikan dengan tepat waktu “on the track on time” yakni selaras dengan motto kami  “Bahagia kami adalah senyuman customer”.

Untuk menjaga kepuasan dan kenyamanan customer agar selalu tersenyum, kami selalu memberikan garansi / jaminan servis di setiap produk dan jasa layanan kami, baik jasa service, jasa instalasi, servis kontrak, dan after sales mesin-mesin pendingin maupun kitchen equipment.

PT. Bangkit Jaya Teknik Indnesia (BJTI), bergerak pada bidang yang berhubungan dengan teknik mekanika, seperti : hydraulic, pneumatic, ME, sipil, refrigerasi bahkan kitchen equipment. Namun kami sebelum mendirikan perusahaan ini kami adalah sebuah team yang kompak untuk memajukan di beberapa perusahaan yang cukup ternama di dunia pendingin yang ada di Indonesia. Fungsi kami adalah mensupport sales dan teknisi ketika ada kesulitan di lapangan mengenai teknik. "Technical Support" beberapa perusahaan yang kami bantu seperti : PT. Wahana Coldstorage Indonesia (Design dan technical support untuk cold storage, memecahkan masalah untuk unit kecil seperti brands LIEBHER dan STARCOOL ketika unit tersebut rusak atau tidak optimal). Seiring waktu maka kami pindah ke perusahaan GEA dengan posisi yang sama pula. Kemudian kami mendirikan perusahaan PT. BANGKIT JAYA TEKNIK INDONESIA ini untuk mem-backup semua perusahaan baik itu di bidang food industry ataupun HORECA serta kontraktor yang mengalami kesulitan di lapangan. Sampai saat ini kami masih ada hubungan baik dengan perusahaan yang mana telah disebutkan di atas dan beberapa kontraktor yang bergerak di bidang sipil dan ME. 

Project-project yang kami kerjakan saat ini untuk menjalin kerja sama antara lain : PT. Campina untuk perawatan dan perbaikan coldstorage dan chest freezer (freezer box), PT. Cooking Biz Indonesia/Kinnotorikara yang meliputi AEON BSD, AEON JGC, FX Mall Sudirman, GI Mall, PIK, untuk membantu merawat baik dari pendingin hingga kitchen equipment, Giant Jasmine Bogor, perusahaan catering Bandung, Ranch Market Pondok Indah, Indo Dinner Pluit, serta PT. Aneka Cake & Bakery Serang, Akasya Catering, Kaihomaru Restaurant jepang, PT. Duta Nichirindo Pratama, Fearly café n resto, dan lain-lain.

Adapun langkah-langkah kerja yang harus kami lakukan supaya tetap optimal dalam perawatannya antara lain: 

A. Refrigeration / Mesin Pendingin 

1. Membersihkan evaporator 
Guna menjaga supaya temperature tetap optimal

2. Membersihkan condenser 
Langkah ini guna memberikan ruangan fin pada kisi-kisi supaya tetap bersih dari kotoran debu dan lainnya dengan maksud sistem penukar kalor yang bertekanan tinggi berfungsi tetap optimal. 

3. Pemeriksaan insulation piping pada unit 
Insulation atau pembungkus pipa ini juga membantu untuk di sistem pendingin, dengan maksud mengurangi terjadinya tabrakan antar temperature luar atau ambient dengan temperature unit 

4. Pengecekan ampere compressor secara berkala 
Dengan maksud untuk mengetahui performa compressor yang diakurasikan dengan name plate rotation lock ampere. 

5. Pengecekan tekanan pada pipa suction 
Langkah ini adalah untuk mengetahui kapasitas refrigerant yang diterima oleh condensing unit. 

6. Pengecekan body 

Seperti dari penjelasan di atas mengenai insulation apabila ada body yang bocor atau keropos bisa mengakibatkan ketidakstabilan pada temperature. 

7. Box panel (wiring diagram) 
Pemeriksaan kabel di tiap line untuk mengetahui kekuatan kabel, baik dari jenis kabel, sering juga kabel tersebut digigit binatang pengerat. 

8. Pengecekan temperature 

ambient dengan temperature unit 

4. Pengecekan ampere compressor secara berkala 
Dengan maksud untuk mengetahui performa compressor yang diakurasikan dengan name plate rotation lock ampere. 

5. Pengecekan tekanan pada pipa suction 
Langkah ini adalah untuk mengetahui kapasitas refrigerant yang diterima oleh condensing unit. 

6. Pengecekan body 

Seperti dari penjelasan di atas mengenai insulation apabila ada body yang bocor atau keropos bisa mengakibatkan ketidakstabilan pada temperature. 

7. Box panel (wiring diagram) 
Pemeriksaan kabel di tiap line untuk mengetahui kekuatan kabel, baik dari jenis kabel, sering juga kabel tersebut digigit binatang pengerat. 

8. Pengecekan temperature 
Secara visual dalam indicator sudah mencakup untuk mengontrol ketahanan performa sistem pending namun langkah ini harus segera bertindak jika ada perubahan temperature guna menyelamatkan ketahanan compressor. 


B. Cooking Equipment 

1. Pemeriksaan alat masak komersial 

Alat masak adalah media yang paling utama untuk memproses, menyajikan makanan sesuai kebutuhan, pengecekan ini lebih sering dilakukan pada burner tube dan spuyer karena frekuensi produksi semakin tinggi maka semakin banyak pula scrub yang ada pada burner dan spuyer. 


2. Pengontrolan area masak 
Mengecek drain pada bak control, serta menjaga kebersihan bagian yang jarang terjangkau, dengan maksud seluruh kegiatan produksi apapun selalu dalam keadaan nyaman dan bersih. 

C. ME (Mechanical Electrical) 
Sistem instalasi ini paling utama untuk di sipil, terkadang kita lupa untuk merawatnya seperti : 
a. Control panel distribusi PLN – pengecekan dan perbaikan jika ada yang rusak 
b. Switch ON/OFF lampu 
c. Switch connector load 
d. Lampu 
e. Control panel untuk kebutuhan produksi 

Perawatan yang di atas tersebut perlu diperhatikan, terkadang hewan pengerat sering kali menggigit kabel line yang dapat mengakibatkan short voltage, "Hindari Kebakaran". 

D. Ducting 
Dalam area produksi dengan frekuensi tinggi maka motor fan blower sering mengalami macet akibat kotoran yang terhisap, maka langkah perawatan ini sangat diperlukan.
 
E. Piping Sipil 
Piping sipil dalam bangunan terdiri dari : 
a. Drainase – pengecekan dan perbaikan 
b. Kran air supply – perbaikan dan pengecekan 

Langkah ini sama seperti ME, terkadang sering ada hewan yang merusak sistem saluran sehingga terjadi kerusakan. 
Demikian hasil tinjauan kami di lapangan yang disesuaikan dengan kebutuhan, demi mengoptimalkan kembali kinerja produksi yang berada di ruang produksi. Site survey ini memberikan laporan yang aktual guna sebagai bahan pertimbangan agar segala perangkat atau media bisa berfungsi dengan baik. Karena di dalam dunia teknik yang harus di perhatikan ada 3 (tiga) hal yaitu : 
1. Design 
2. Instalasi 
3. Maintenance 

Jika ketiganya sudah dijalankan maka kecil kemungkinan kendala-kendala yang ditemukan di area produksi. 

Daftar Pelanggan Kami
Project-project yang kami kerjakan saat ini antara lain : 
* PT. Campina: Perawatan dan perbaikan cold storage dan freezer box
   PT. Cooking Biz Indonesia/Kinnotorikara Group (Meliputi AEON BSD, AEON JGC, 
   FX Mall Sudirman, GI Mall, PIK: Perawatan mesin pendingin & kitchen equipment
* Giant Jasmine Bogor
* Perusahaan Catering Bandung
* Ranch Market Pondok Indah
* Indo Dinner Pluit
* PT. Aneka Cake & Bakery Serang
* Akasya Catering
* Kedai Kopi Eigthynine kemang
* Resto Nasi Jeruk Tanggal Tua 
* Resto Malioboro
* Resto Bak Kut The
* Kaesula Resto
* Kinno Tori Kara  
* Fearly Café N Resto
* Bremgra